Tuesday, September 16, 2008

Supercar Peugeot 908 RC



Inilah singa yang siap mengaum. Ditenagai mesin diesel V12 berdaya 700 dk dengan desain bodi menakjubkan, Supercar Peugeot nan penuh sensasi ini akan menjadi bintang Paris Motor Show mendatang.

Dinamai 908 RC, mobil ini mengkombinasi dengan unik kemewahan dan tenaga digdaya. Pasalnya, di balik kap mesin bersemayam sasis dan mesin yang berasal dari besutan balap Peugeot untuk ajang ketahanan Le Mans 24 d’Heures. Mobil yang bakal bertenaga di event musim depan.

Rentang bodi mencapai 5 meter bukanlah untuk semata-mata pamer. Inilah sector yang bakal menggantikan flagship 607 yang mulai usang, dan diharapkan mampu meladeni persaingan dengan Citroen C6 dan rivalnya dari jerman, BMW Seri-5.

Pihak Peugeot menguraikan 908 RC didesain dengan tampang kucing besar, dengan mulut agresifnya ditegaskan dengan air intake nan besar. Moncong depan menegaskan hidungnya dan lampu LED dirancang sedemikian rupa bak lensa dari kristal. Bagian belakang, terdapat imbuhan aluminium pada lampu belakang. Semua itu diklaim sebagai wujud dari cakar kucing.

Tampilan 908 RC ini cukup sederhana, tak ada hendel untuk membuka pintu serta dilengkapi ban profil lebar. Sementara, aplikasi gaya condong ke depan dimaksudkan agar mampu memuat 4 penumpang dengan mesin dahsyat di belakang.

Mesin 5.500 cc HDi V12 mampu menelurkan 700 dk dan 1200 Nm dengan kelengkapan filter partikelyang memberi emisibersih.belum lagi, tranmisi 6-percepatan untuk menyalurkan tenaga ke ban belakan. Akselerasi 0-96 km/jam dapat dicapai hitungan 3 detik saja, plus kecepatan maksimum mencapai 300 km/jam lebih.

Spoiler belakang yang bisa naik turun dan diffuser belakang menjadikan 908 RC tampil stabil saat melaju kencang. System rem dari karbon keramik mampu menjinakkan performa liarnya. Menikung makin impresif berkat sasis dari material serat karbon dan komposit aluminium plus suspensi double wishbone.

Meski berbasis mobil balap, 908 RC kabinnya amat mewah, dengan jok dari kulit, trim dengan sentuhan aluminium dan krom, konsol tengah dioperasikan cukup dengan sentuhan, plus system audio, navigasi satelit dan pengatur suhu ruangan. Sementara penumpang tetap mendapatkan pemandangan nan luas berkat kaca depan lebar.