Tuesday, September 16, 2008

Terinspirasi sukses 33 tahun silam (Volkswagen-Scirocco)

Sukses produk sebelumnya kerap menjadi ilham untuk produksi terkini. Langkah itupun digunakan Volkswagen dalam mendesain mobil teranyarnya yang diberi tajuk Volkswagen Iroc.

Pada pentas Geneva Motor Show 33 tahun silam, pabrikan yang bermarkas di Wolfsburg ini melansir coupĕ bernama Scirocco. Tampilannya yang kompak, lapang dan terjangkau membuat Scirocco berhasil terjual setengah juta unit sampai produksinya diberhentikan. Sebuah gebrakan yang luar biasa.

Jejak itu pula yang menjadi ilham terhadap lahirnya Iroc, sebuah konsep sportcar 4-seater dua pintu berdesain menarik yang ditenagai dapur pacu turbo. Memang konsep rancangan Iroc ini amat berbeda dengan desain Volkswagen biasanya. Seakan ingin memaparkan bila konsep mobil sport Volkswagen memiliki rancang bangun berbeda dan ekslusif.

Tengok saja, konstruksi gril nan agresif. Belum lagi dimensi lebar dan panjang 4,420 meter membuat pengendara dan penumpang terakomodasi dengan lapang. Namanya saja terilhami Scirocco, tak ayal beberapa bagian mengutip model lawas tersebut. Ahl itu terpetakan dari kelirnya yang dibalur hijau viper metalik. Kian mentereng berkat imbuhan pelek berukuran 19 inci.

Tak hanya itu, dapur pacu disusupi tipe TSI yang dilengkapi twincharger (turbo dan supercharger) dan kian mantap karena kian dilengkapi system transmisi DSG. Pilihan bermesin TSI ini cukup bervariasi dengan model yang menelurkan dari 150 dk sampai 210 dk. Jelas membuat sensasi berkendara kian menyenangkan.

Nuansa sport itu senada dengan kabin yang dilengkapi jok kulit model bucket dengan seatbelt 5 titik. Belum lagi tampilan instrument yang menegaskan nuansa sporty nan kental. Sementara jok belakang bias dilipatsehingga bias mendongkrak kapasitas bagasi yang semula sebesar 300 liter menjadi lebih besar lagi.

Konsep Iroc ini setidaknya menggambarkan sportcar yang tak mengorbankan kepraktisannya.



Riwayat Scirocco

Coupĕ Volkswagen ini pertama kali tampil dimuka public di Geneva Motor Show 33 tahun lalu. Model awal yang dipasarkan mulai maret 1974 menggunakan mesin bertenaga 50 dk dan mampu mencapai top speed 144 km/jam. Varian TS bertenaga 85 dk, dengan kecepatan maksimum 172 km/jam. Selain itu ada versi GTI (1976-1980) bermesin 110 dk dengan top speed 186 km/jam.

Scirocco II menggantikan generasi pertamanya pada tahun 1981 dengan perubahan model cukup signifikan. Namun selanjutnya, garis keturunan coupĕ Volkswagen dilanjutkan oleh corrado yang dipasarkan mulai 1988, sampai akhirnya produksinya dihentikan pada 1995.